Kamis, 07 Juli 2011

CARA MENGGUNAKAN ALAT UKUR GROUNDING


Hari ini gue teringat kalo gue pernah bekerja pada suatu perusahaan di Jakarta dan di tempatkan di electrical departement dan salah satu tugas gue adalah mengukur grounding. Berikut ini gue persembahkan prosedur pengukuran grounding yang masih gue ingat

1.Periksa kondisi kabel grounding BC yang akan diukur. Bila kotor bersihkan dahulu permukaan kabel tersebut dengan kertas amplas agar jepitan kabel probe dapat menyentuh langsung bagian permukaan tembaga yang sudah bersih dan untuk mencegah terjadinya kesalahan pembacaan pada alat ukur.

2.Periksa kondisi dan perlengkapan penunjang alat ukur digital earth resistance meter.

3.Lakukan pengukuran sebagai berikut :
3a.Bentangkan kabel warna merah sepanjang 20 meter. Ujung kabel yang menggunakan sepatu kabel adalah untuk dijepit ke batang angkur, sedangkan ujung yang lainnya dihubungkan ke alat ukur pada terminal C (Terminal C terdapat pada alat ukur). Kemudian tancapkan angkur kedalam tanah.

3b.Bentangkan kabel warna Biru sepanjang 10 meter. Ujung kabel yang menggunakan sepatu kabel adalah untuk dijepit ke batang angkur, sedangkan ujung yang lainnya dihubungkan ke alat ukur pada terminal P (Terminal P terdapat pada alat ukur). Kemudian tancapkan angkur kedalam tanah. Jarak angkur antara kabel warna merah dan biru adalah 5 sampai 10 meter.

3c.Hubungkan jepitan kabel warna hitam ke kabel grounding dan ujung yang lain dihubungkan ke terminal E (terminal terdapat pada alat ukur).

3d.Putar knob pada alat ukur keposisi CAL (calibration) sebelum melaksanakan pengukuran.

3e.Tekan tombol warna kuning pada alat ukur dan akan muncul angka 100 pada displai alat ukur.

3f.Lakukan pengukuran grounding (tahanan pentanahan) dengan memutar knob alat ukur pada poisisi 200 ohm atau 2000 ohm tergantung dari kondisi tanah pada area setempat yang akan diukur.

3g.Kemudian tekan tombol warna kuning dan pada displai alat ukur akan muncul nilai tahanan pentanahan.

3h.Nilai tahanan pentanahan yang ditentukan adalah ≤ 1 Ohm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar